EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Spesies Cecak Baru di Pulau Terpencil Indonesia

07 July 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 112 Kali

Spesies Cecak Baru di Pulau Terpencil Indonesia

Beberapa ilmuwan LIPI melakukan ekspedisi di Sulawesi Selatan pada tahun 2010. Melalui ekspedisi tersebut spesies cecak baru dari pulau terpencil Tanahjampea berhasil ditemukan di hutan belantara Sulawesi Selatan, Indonesia. Sejak ekspedisi tersebut, butuh waktu bertahun – tahun untuk memastikan hingga pada tahun 2018 ini peneliti yakin bahwa cecak tersebut merupakan spesies baru. Ahli herpetologi LIPI, Amir Hamidy menjelaskan bahwa cecak yang baru ditemukan tersebut merupakan cecak jari lengkung (Crytodactylus tanahjampea) ke-36 di Indonesia yang berjumlah 233 jenis di dunia.

Menurut penelitian, keunikan hewan endemik ini terdapat pada bagian sisiknya. Bagian tengah pada sisik-sisik hewan yang memiliki kekerabatan dengan cecak dari pulau Halmahera ini sedikit menonjol, khususnya di bagian tangan dan kaki. Di bagian samping tubuhnya juga memiliki tonjolan di tengah. Selain itu, bagian ekor cecak ini melingkar ke dalam yang berfungsi agar cecak dapat bergelantungan.

Berbeda dengan cecak atau pun tokek yang biasa dijumpai di rumah, cecak yang habitatnya di tengah hutan atau pinggir sungai ini tidak bisa menempel pada permukaan halus. Hal ini disebabkan jari kaki nomor empat pada cecak tersebut memiliki jumlah segmen 19 hingga 21 lamela. Menurut Amir cecak baru dengan karakter khusus ini hanya dapat ditemukan di Tanahjampea.

Sumber:

https://sains.kompas.com/read/2018/07/06/123200223/peneliti-lipi-temukan-cecak-jenis-baru-di-pulau-terpencil-indonesia


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph