EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Siput yang Tak Perlu Makan Saat Dewasa

18 July 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 94 Kali

Siput yang Tak Perlu Makan Saat Dewasa

Sekilas hewan yang hidup di laut lepas Antartika ini tidak terlihat berbeda dengan siput pada umumnya. Meskipun demikian, siput bernama Gigantopelta chessoia ini memiliki keunikan yang disebut crypto-metamorphosis. Sebuah proses transisi tersembunyi yang tidak dialami hewan lain pada saat metamorfosis.

Pada saat fase anakan, siput ini akan memakan rumput. Kemudian bakteri pada rumput yang telah dimakan akan bertahan hidup dan menghasilkan makanan bagi si siput. Meski tak ada cahaya matahari, bakteri tersebut dapat mengubah hidrogen sulfida dan oksigen menjadi sumber energi.

Setelah siput mencapai fase dewasa atau hingga mencapai panjang tubuh tertentu, sistem pencernaannya akan berhenti tumbuh. Kemudian gigi, perut dan ususnya membuka jalan bagi kelenjar esofagus sehingga menjadi besar dan menghasilkan organ baru. Tak perlu melakukan aktivitas apapun, energi yang dihasilkan oleh bakteri pada sel siput tersebut membuatnya semakin besar dan mampu bertahan hidup. Hal inilah yang menyebabkan G. Chessoia tak memerlukan makanan saat dewasa.

Sumber:

 https://sains.kompas.com/read/2018/07/15/180600323/bertranformasi-siput-ini-tak-perlu-makan-lagi-saat-dewasa


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph