EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Si Cantik Zodia Pengusir Nyamuk

22 March 2017 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 647 Kali

Si Cantik Zodia Pengusir Nyamuk

Peralihan musim dari hujan menuju kemarau membuat nyamuk semakin banyak berterbangan ketika malam. Tak hanya membuat gatal tidurpun menjadi tak nyenyak karena suara “nguing nguing” membangunkan tidur kita. Nah agar tidur lebih nyaman kita bisa meletakkan tanaman tertentu di kamar untuk mengusir nyamuk, salah satunya zodia.

Tanaman perdu dengan nama ilmiah Evodia suaveolens ini merupakan tumbuhan endemik Papua yang sudah lama digunakan sebagai anti nyamuk alami. Daun adalah bagian ampuh tanaman yang digunakan warga lokal, mereka meremas daun lalu menggosokkan ke tubuhnya.

Berawal dari kearifan lokal tersebut, penelitian lebih lanjut dilakukan untuk menguji kandungan daun zodia. Hasilnya daun zodia terbukti secara klinis dapat digunakan sebagai anti nyamuk karena bisa mengusir 90% nyamuk yang menghampiri. Hal ini karena dalam daun zodia mengandung zat yang dibenci nyamuk yaitu evodiamine, rutaecarpine, dan linalool.

Baca juga: Mengusir Nyamuk Secara Alami Menggunakan Sereh

Zat-zat ini juga membuat daun beraroma kuat sehingga nyamuk tak mendekati zodia. jadi jika malam hari tidur kalian masih terganggu dengan nyamuk, bisa dicoba meletakkan satu pot zodia dalam ruangan. Meskipun endemik Papua tetapi zodia bukan termasuk tanaman langka dan sudah banyak dibudidayakan. Bahkan bibitnya bisa dipesan dengan mudah secara online dengan harga dibawah tiga puluh ribu rupiah.

Sumber: skripsi unnes

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph