EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Satwa liar yang hidup di Sumatera ini dijuluki Oreo

18 October 2015 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 989 Kali

Satwa liar yang hidup di Sumatera ini dijuluki Oreo

Pernah snorkeling? Menyenangkan bisa berenang lama di air dengan pipa sebagai alat bantu pernapasan. Tahukah kamu? ada satwa yang bisa menjulurkan hidungnya seperti snorkel ketika di air. Dia adalah hewan berhidung panjang, Tapir.

Mamalia dengan nama ilmiah Tapirus indicus ini tersebar di asia tenggara, khususnya Myanmar, Thailand hingga Malaysia, serta pulau Sumatera Indonesia. Mamalia dari keluarga Tapiridae ini ternyata masih berkerabat dekat dengan kuda dan badak.

Tapir asia dewasa memiliki kombinasi warna serupa dengan oreo, yaitu hitam-putih-hitam. Warna hitam terdapat di bagian depan dan belakang, sedangkan warna putih terdapat di bagian tengah. Berbeda dengan tapir yang dewasa, seekor bayi tapir memiliki warna hitam dengan pola garis dan titik-titik putih.

Seekor tapir dewasa bisa tumbuh mencapai tinggi hingga 1 m, dengan panjang hingga 2,4 m. Dengan badannya yang besar tapir tetap menjadi satwa yang mahir berenang, mereka bisa menghabiskan banyak waktunya di air. 

IUCN menetapkan satwa dengan penciuman dan pendengaran yang kuat ini berstatus vurnerable atau rentan. Ancaman terbesarnya adalah kehilangan habitat karena alih fungsi hutan. Bahkan di beberapa tempat tapir diburu dan dijadikan santapan bagi masyarakat.

Referensi

[denver zoo, asmita, ersatzhaderach.com]


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph