EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Pemberian "Nama" Lumba-Lumba Jantan bagi Teman Sekawanannya

22 June 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 119 Kali

Pemberian

Lumba-lumba hidung botol, atau Tursiops truncatus juga menggunakan "nama" untuk berkawan. Istilah "nama" disini merupakan label suara yang diberikan oleh  T. truncatus jantan kepada pejantan lain dalam kawanan. Mereka mampu untuk mengingat seluruh vokal teman sekawanannya, sehingga bisa membedakan mana kawan atau lawan.

Label ini penting bagi hubungan sosial mereka, sebab kawanan T. truncatus akan bertahan dengan anggota yang sama selama beberapa dekade. Karena alasan inilah, awalnya para peneliti yang telah mengamati T. truncatus selama lebih dari 30 tahun, penasaran tentang cara mereka mempertahankan hubungan tersebut.

Dugaan awal, satu kawanan T. truncatus akan memiliki sinyal vokal yang mirip. Namun setelah dilakukan penelitian menggunakan hydrophones untuk merekam suara mereka dalam air, akhirnya diperoleh kesimpulan bahwa masing-masing individu memiliki suara yang unik, yang fungsinya seperti "nama" pada manusia. Hasil ini telah dipublikasikan dalam jurnal Current Biology, pada Kamis 7 Juni 2018.

 

Sumber:

https://sains.kompas.com/read/2018/06/08/192700423/lewat-suara-lumba-lumba-jantan-dapat-bedakan-kawan-dan-musuh


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph