Jurnal

Grontol, Jajanan Sedap Mudah Dibuat

28 December 2016 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 744 Kali

Grontol, Jajanan Sedap Mudah Dibuat

Camilan berbahan jagung ini disebut grontol dan akrab bagi masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta. Grontol adalah jagung yang direbus kemudian diberi parutan kelapa dan diberi juruh (larutan gula aren) atau garam saja. Dahulu jagung yang biasa digunakan adalah jagung putih, namun saat ini jagung kuning lebih umum ditemukan.

Ketika tahun 90-an jajanan ini mudah dijumpai di pasar tradisional ataupun dijual keliling dengan tampah kecil bersama jajanan lainnya seperti cenil, lupis, getuk dan tiwul. Namun, saat ini pedagang grontol sulit ditemui. Meski begitu kita bisa membuat cemilan ini dengan mudah di rumah.

Bahan yang harus disiapkan adalah jagung pipil, parutan kelapa muda, daun pandan, garam, dan kapur sirih. Pertama rendam jagung dalam air selama satu malam. Kedua tiriskan rendaman jagung, lalu rebus jagung dengan garam dan kapur sirih agar kulit ari terlepas dan jagung terlihat merekah. Ketiga cuci bersih jagung sampai kapur sirih terbilas semua. Keempat rebus kembali jagung dengan air bersih dengan dibumbui garam dan daun pandan. Setelah matang sajikan jagung dengan parutan kelapa dan garam, gula pasir, atau gula aren sesuai selera.

Sumber: masakandapurkuDetikNostalgia jajan indonesia

 


Bagikan:


Tulis Komentar


Komentar

Tidak ada komentar..


Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved