Jurnal

Riboflavin pada Gula Aren Baik untuk Metabolisme Tubuh

26 March 2016 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 589 Kali

Riboflavin pada Gula Aren Baik untuk Metabolisme Tubuh

Butuh sumber energi untuk waktu yang lama? Coba makan gula aren! Gula aren tidak secara langsung larut dalam tubuh, namun diserap secara perlahan, oleh karenanya gula aren dapat bertahan lama di dalam tubuh.

Gula aren mengandung vitamin B kompleks, glukosa, garam mineral serta memiliki kadar kalori yang cukup tinggi diselingi dengan kadar glisemik gula terendah yakni 35 GI (Indeks Glisemik).

Gula aren yang telah dicerna di dalam tubuh akan melepaskan energi untuk tubuh dalam waktu yang cukup lama dan kandungan riboflavinnya mampu membantu melancarkan metabolisme sistem pencernaan dalam tubuh.

Dalam sebuah buku Perma Culture Plants di tahun 2004 menyebutkan kandungan senyawa yang dimiliki gula aren berfungsi dalam membantu menjaga dan membersihkan saluran sistem pencernaan mulai dari tenggorokan hingga ke lambung.

Nira pohon enau adalah bahan baku untuk pembuatan gula aren, lalu nira diolah secara tradisional. Pembuatan gula aren beasal dari bunga pohon enau yang dikumpulkan terlebih dahulu dalam sebuah bumbung bambu.

Setelah jumlahnya cukup, nira direbus di atas tungku dalam sebuah wajan besar. Api tidak juga boleh terlalu besar sampai masuk ke dalam wajan dan menjilat serta membakar gula yang sedang dimasak. Kalau ini terjadi gula akan hangus, rasanya akan pahit dan warnanya menjadi hitam. 

Indonesia merupakan penghasil terbesar dalam produksi gula aren terbaik. Gula aren sudah dikenal sejak lama masyarakat Indonesia, terutama penduduk pedesaan yang masih menggunakan gula aren sebagai gula konsumi sehari-hari dibanding dengan gula tebu.

 

Referensi

[gulaaren] [wikipedia]


Bagikan:


Tulis Komentar


Komentar

Tidak ada komentar..


Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved