EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Lebah Ternyata Juga Berperilaku "Kidal"

23 December 2017 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 192 Kali

Lebah Ternyata Juga Berperilaku

Lebah ternyata juga berperilaku kidal. Tetapi bukan pada kecenderungan tangan dominan seperti manusia, melainkan kecenderungan arah terbang ke kanan atau ke kiri. Meski dalam populasi besar lebah tidak menyukai suatu kecenderungan, tetapi sebagai individu lebah tetap memiliki kecenderungan untuk kidal ataupun tidak.

Publikasi dari peneliti asal University Queensland, Australia tanggal 2 November 2017 di PLOS One menunjukkan pengujian jalur terbang pada 102 ekor lebah pencari makan. Hasilnya 55% lebah tidak ada kecenderungan memilih jalur, sedangkan 45%-nya memiliki preferensi kanan atau kiri.

Lebah juga bisa membedakan ukuran lubang masuk jalur dan akan memilih lubang yang lebih besar. Ketika lebah yang memiliki kecenderungan diuji menggunakan batas waktu, dalam kondisi jalur yang disenangi berukuran lebih kecil maka mereka butuh waktu lebih lama untuk memutuskan jalur yang akan dilalui. Begitu pula ketika jalur yang disenangi berukuran lebih besar, maka waktu yang dibutuhkan untuk memilih jadi lebih cepat.

Adanya kecenderungan kanan atau kiri pada lebah penting untuk menentukan navigasi saat ada hambatan penerbangan. Akan merugikan jika semua lebah memiliki kecenderungan yang sama. Misalnya ketika melewati celah semak-semak dan semua memilih satu jalur, maka satu kawanan akan terbang melambat dan saling manghambat. Tidak efisien.

Sumber : http://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0184343 https://www.sciencealert.com/bees-can-be-left-or-right-handed


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph