EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Laba-laba Gunakan Medan Listrik untuk Terbang

07 July 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 105 Kali

Laba-laba Gunakan Medan Listrik untuk Terbang

Hewan apa saja yang dapat terbang? Sebagian besar akan menjawab burung, kupu-kupu, capung atau jenis hewan lainnya yang memiliki sayap. Tak sedikit pun terlintas “laba-laba” dalam pikiran kita. Erica Morley dan Daniel Robert dari University of Bristol dalam papernya “Electric Fields Elicit Balloning in Spiders” menjelaskan bagaimana antropoda tanpa sayap tersebut dapat ditemukan di ketinggian 4 km di langit dan menyebar hingga ratusan kilometer.

Laba-laba melakukan perjalanan melalui atmosperic potential gradient (APG) yang merupakan sebuah sirkuit listrik antara bumi dengan ionosfer (lapisan teratas di atmosfer yang terionisasi). Petir akan bertindak sebagai baterai raksasa untuk APG, mengisi dan memelihara medan listrik di atmosfer.

Morley dan Robert melakukan percobaan pada laba-laba marga Erigone menggunakan medan listrik buatan dan mengawasi apa yang terjadi. Pada saat medan listrik dinyalakan, laba-laba mulai menggelembung. Kekuatan medan listrik statis sudah cukup kuat untuk menggerakan laba-laba, seperti saat kita menggosokan balon ke kepala dan menyebabkan rambut kita terangkat. Begitu pun sebaliknya, saat medan listrik dipadamkan maka laba-laba akan meluncur turun.

Hewan dengan delapan kaki mungil ini memiliki rambut sensoris bernama ‘trichobothria’ yang bergerak merespon medan listrik. Hal ini menyebabkan para peneliti percaya bahwa rambut sensor tersebut digunakan laba-laba untuk mendeteksi APG.

Sumber:

https://www.sciencealert.com/spiders-use-electric-fields-to-fly-balloon-through-the-air-and-migrate


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph