EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Jangan Keliru Menyebut Monyet

08 February 2016 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 1332 Kali

Jangan Keliru Menyebut Monyet

Banyak orang keliru ketika membedakan monyet dengan kera. Ya, monyet dan kera adalah dua kelompok hewan yang berbeda. Perbedaan utama yang paling mudah diamati adalah moyet memiliki ekor sedangkan kera tidak memiliki ekor. Selain itu masih banyak perbedaan antara monyet dan kera yang mungkin belum kalian ketahui.

Kedua mamalia ini memang sama-sama hewan jenis ordo primata, tetapi keduanya berasal dari kelompok superfamili yang berbeda. Monyet adalah primata dari superfamili Cercopithecidae sedangkan kera adalah primata dari superfamili Hominidae.

Ukuran tubuh monyet umumnya lebih kecil dibandingkan dengan kera. Hal tersebut berdampak pada rasio ukuran otak monyet, sehingga sebagian besar kera labih cerdas dibandingkan dengan monyet.

Baca juga: Orangutan juga Pakai Balsam

Monyet dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu monyet Old World dan New World. Kelompok old world hidup di kawasan Afrika dan Asia, sedangkan kelompok new world hidup di kawasan Amerika Selatan. Hewan yang menjadi zodiak tahun baru china 2016 ini diketahui terdapat 264 jenis yang tersebar di seluruh dunia.

Terdapat banyak jenis monyet di Indonesia, beberapa yang banyak dikenal antara lain monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), beruk (Macaca nemestrina), lutung budeng (Trachypithecus auratus). Beberapa spesies monyet di Indonesia merupaka spesies endemik, sepert bekantan (Nasalis larvatus) di Pulau Kalimantan ,beruk mentawai (Macaca pagensis) di Pulau Menatawai, Yaki (Macaca nigra) atau monyet hitam dari Sulawesi.

Selain yang disebutkan di atas masih banyak jenis monyet yang ada di Indonesia. Begitu juga dengan jenis kera di Indonesia, ada banyak kera yang dikenal seperti orangutan sumatera (Pongo abelii), orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus), owa jawa (Hylobates moloch), dan siamang  (Hylobates syndactylus). Meski primata-primata tersebut bernilai tinggi bagi keanekaragaman hayati Indonesia, keadaan mereka di alam liar masih terancam.

 

Referensi

[nationalzoo.si.educenterforgreatapes.organimaldiversity.orgsciencekids.co.nz]


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph