EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Gajah Asia Juara Berhitung

26 October 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 85 Kali

Gajah Asia Juara Berhitung

Ternyata tak hanya menusia yang dapat berhitung, hewan pun bisa. Salah satunya gajah asia (Elephas maximus). Ia merupakan hewan yang paling pandai berhitung dibandingkan dengan hewan besar lainnya.

Untuk membuktikan hal tersebut, seekor gajah asia bernama Authai di kebun binatang Ueno, Jepang dianalisis oleh Naoko Irie, peneliti dari The Graduate University for Advanced Studies and the Japan Society for the Promotion of Science. Authai diajarkan menggunakan alat yang dirancang khusus untuk menguji kemampuan numerik hewan. Alat tersebut berupa layar sentuh besar yang dikendalikan oleh komputer.

Gajah betina tersebut diperlihatkan sejumlah gambar berbeda yang didalamnya terdapat berbagai jenis buah-buahan dengan berbagai ukuran. Authai diminta untuk memilih gambar dengan jumlah buah yang lebih banyak. Jika Authai berhasil menjawab dengan benar maka tim akan memberikan hadiah.

Dari 271 kali percobaan sebanyak 181 kali dijawab benar dengan tingkat keberhasilan sebesar 66,8 persen. Temuan ini memperjelas bahwa gajah asia merupakan juara dalam berhitung.

Sumber: https://sains.kompas.com/read/2018/10/24/190056023/hewan-juga-berhitung-gajah-asia-salah-satu-juaranya


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph