EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Buah Mangga Ternyata Bukan Asli Indonesia

25 February 2017 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 826 Kali

Buah Mangga Ternyata Bukan Asli Indonesia

Siapa yang tidak mengenal buah mangga, buah musiman ini selalu menggoda dengan wanginya dan rasa yang manis. Berbagai macam mangga yang sering kita makan seperti mangga manalagi, harum manis, golek, gedong, madu, dan manalagi merupakan varietas dari jenis Mangifera indica. Sayangnya jenis ini bukan asli Indonesia, M. indica didomestikasi di India sekitar 4000 tahun lalu (2000 SM) kemudian diintroduksi ke berbagai negara beriklim hangat, salah satunya Indonesia. 

Meski mangga yang sering kita konsumsi adalah mangga jenis dari negara lain, bukan berarti Indonesia tidak punya jenis mangga enak. Sebut saja mangga kasturi dari Kalimantan Selatan, buahnya tak kalah manis dengan manalagi. Buah kasturi memiliki kulit kehitaman ketika matang, sehingga mudah dibedakan dengan mangga lain.

Baca juga: Kue "Lidah Sapi", Penganan Ramadhan khas Kalimantan

Tidak hanya kasturi, Indonesia juga memiliki banyak jenis mangga lain yang dapat dikonsumsi. Mangga-mangga ini dominan berasal dari Kalimantan dengan total 16 spesies adalah mangga asli Kalimantan. Di pasar-pasar tradisional bisa ditemukan 14 jenis mangga yang dijajakan, diantaranya adalah rawah (M. griffithii), asam rawa (M. Quadrifida) dan tajas/pipit (M. similis). 


Referensi: wikipediawikipedia 2budidaya manggaekologi kalimantanprosea


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph