EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Bayi Kuskus Beruang Sulawesi Pertama di Penangkaran

11 June 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 34 Kali

Bayi Kuskus Beruang Sulawesi Pertama di Penangkaran

Kabar gembira datang dari Kebun Binatang Worclaw, Polandia. Sebab, untuk pertama kalinya bayi Ailurops ursinus berhasil lahir di penangkaran. Si A. ursinus dikenal dengan nama lokal kuskus beruang Sulawesi. Dia merupakan mamalia marsupial dan endemik Indonesia. Habitatnya berada di Sulawesi dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Mereka tinggal di hutan hujan dataran rendah dari ketinggian 0-600 m dpl dan hanya mendiami wilayah hutan yang belum terganggu. Sayangnya, lebih dari sebagian habitatnya telah dibuka dan dialih fungsikan. Sehingga habitat A. ursinus menurun drastis dan sisa habitat jadi terkotak-kotak. Selain itu, keberadaan mereka juga tertekan oleh tingkat perburuan yang tinggi. A. ursinus adalah target mudah bagi pemburu karena aktif di siang hari, apalagi mereka memiliki badan abu-abu besar (panjang sampai 61 cm, berat 7-10 kg).

Tak heran, A. ursinus termasuk dalam kategori hewan rentan punah oleh IUCN. Sebagai salah satu upaya penyelamatan, enam ekor A. ursinus dibawa ke kebun binatang di Eropa, yaitu dua di Kebun Binatang Usti nad Labern di Republik Ceko, satu di kebun binatang Belgia, dan tiga di di Kebun Binatang Wroclaw. Semoga upaya ini berhasil dan bisa membawa mereka kembali ke rumah, tentu saja saat hutan Sulawesi telah aman dan hijau

 

Sumber:

http://nationalgeographic.grid.id/read/13877997/untuk-pertama-kalinya-bayi-kuskus-sulawesi-lahir-di-penangkaran?page=2

https://www.arkive.org/bear-cuscus/ailurops-ursinus/image-G57056.html

http://www.iucnredlist.org/details/40637/0


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph