EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Asal Usul si Buah Jeruk

27 February 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 755 Kali

Asal Usul si Buah Jeruk

Jeruk manis, jeruk purut, jeruk nipis, jeruk siam, jeruk limau, dan masih banyak lagi varietas jeruk bisa kita temukan di berbagai penjuru dunia. Sebab jeruk yang bermarga Citrus ini termasuk salah satu buah yang paling banyak dibudidayakan. Tetapi tahukah kalian kalau jeruk berasal dari satu wilayah saja? Hasil penelitian Guohong Albert Wu dan rekan-rekannya menyatakan bahwa nenek moyang jeruk berasal dari Pegunungan Himalaya, mencakup wilayah timur Assam, Myanmar utara, dan Yunan barat. 

Selanjutnya jeruk tersebar luas berkat bantuan alam, yang dimulai ketika perubahan iklim dramatis 6-8 juta tahun lalu. Saat itu terjadi pelemahan muson yang mengakibatkan cuaca kering. Kondisi ini memicu migrasi hewan dan tanaman ke wilayah Asia Tenggara dan Australia. 

Baca juga: Mitos Kolesterol pada Santan dan Buah

Migrasi massal memunculkan beragam varietas baru karena adaptasi mereka dengan habitat yang berbeda-beda. Selain adaptasi, ada juga persilangan antar varietas yang dilakukan petani di Cina, hingga mendapatkan jeruk manis yang kini bisa kita jumpai di pasar. Penelitian yang dipublikasikan 7 Februari 2018 di jurnal Nature ini, selain mengungkap asal usul jeruk, juga memberikan pengetahuan tentang sejarah perubahan iklim dan penyakit yang akan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas jeruk.

Referensi: naturekompas


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph