EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Pertemanan Beruang Madu dan Hutan

27 June 2017 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 96 Kali

Pertemanan Beruang Madu dan Hutan

Beruang madu yang terkenal sebagai pemakan madu sebenarnya termasuk hewan omnivora yang berarti pemakan segala. Selain madu, jenis serangga,burung, dan buah-buahan juga termasuk dalam menu makanan mereka sehari-hari.

Uniknya ketika beruang madu atau Helarctos malayanus memakan buah-buahan berbiji besar, mereka akan menelan utuh si biji buah dan dikeluarkan lagi bersama feses. Sehingga secara tidak langsung, perilaku mereka membantu persebaran buah-buahan di dalam hutan. Jenis buah-buahan seperti cempedak, durian, lahung, dan kerantungan adalah contoh buah-buahan berbiji besar di hutan Kalimantan yang bergantung pada beruang madu untuk persebarannya.

Selain sebagai penyebar biji buah dalam hutan, Helarctos malayanus memiliki perilaku lain yang bermanfaat yaitu perilaku menggali dan membongkar. Mereka akan menggali atau membongkar kayu pohon di hutan untuk mencari madu dan serangga kecil seperti rayap. Sisa bongkaran kayu dapat digunakan oleh hewan yang lebih kecil sebagai tempat berlindung dan berkembang biak, sedangkan kebiasaan menggali bisa mempercepat proses daur ulang dalam tanah yang penting bagi keseimbangan hutan hujan tropis.


Sumber :
Fredriksson G. Sun Bear Funsheet.
http://www.beruangmadu.org/uploads/pdfs/sun_bear_facts_indo.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Beruang_madu

 


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph