EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Kumis Berbahaya Si Ikan Batu

16 April 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 58 Kali

Kumis Berbahaya Si Ikan Batu

Ikan batu dikenal dengan kepintarannya menyamar. Warna tubuh yang mirip karang dan dasar laut membuat mereka dengan mudah mengecoh mata. Tak heran bila mereka jarang dijumpai penyelam. Selain langka ditemukan di alam liar, penelitian tentang fisiologi atau perilaku ikan batu juga jarang dilakukan. Sehingga, penemuan terbaru tentang pisau lipat di wajah ikan batu cukup mengagetkan.

Penemuan yang dipublikasikan pada 12 April 2018 dalam jurnal Copeia ini, ditulis oleh seorang ahli ikan dari Universitas Kansas, William Leo Smith. Dia menemukan struktur mirip pisau lipat di bagian pipi ikan batu, tepatnya di bawah mata. Pisau akan menyembul keluar ketika ikan dalam keadaan terancam. Putaran pisau maksimal 90° dan jika dilihat dari depan, tampak seperti kumis. Ukuran pisau biasanya 0.5-2.5 kali lebar mata ikan.

Sekitar setengah dari 134 jenis ikan batu sudah terbukti memiliki struktur pisau lipat. Artinya kita harus berhati-hati bila bertemu atau memegang ikan batu, agar tidak terluka. Sebab selain pisau, beberapa spesies ikan batu juga memiliki racun berbahaya, contohnya jenis Synanceia verrucosa.

 

Sumber:

https://phys.org/news/2018-04-discovery-switchblade-like-defensive-redraws-family.html

https://sains.kompas.com/read/2018/04/15/193400823/banyak-dibudidayakan-di-indonesia-ikan-batu-punya-senjata-tersembunyi

https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_batu


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph