EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Siantan

17 July 2017

Katalog Kategori: Tumbuhan

Penulis: Muhammad Nurihsan Akbar

Dibaca: 13 Kali

Deskripsi :

Siantan biasanya ditanam sebagai tanaman hias dan dipakai untuk bunga sembahyang agama Budha. Tanaman perdu tegak ini tingginya sekitar 1-2,5 m, Tanaman Siantan memang termasuk tanaman perdu yang memiliki manfaat sangat lengkap, baik batang, daun, bunga maupun akar yang bisa dimanfaatkan lebih dari sekedar tanaman hias.

Menurut penelitian, tanaman siantan memiliki sifat kimiawi dan efek farmakologis berupa rasa manis, sejuk, hypotensive, mengecilkan bekuan darah (reduce hematoma), dan menghilangkan sakit (alagesic)

Dengan sifat kimiawi yang lengkap seperti itu, tanaman Siantan memang termasuk salah satu obat alami yang semestinya banyak dipergunakan. Misalnya saja dengan sifat farmakologisnya yang bisa menghilangkan rasa sakit, tanaman Siantan cocok dikonsumsi sebagai obat pereda sakit yang selama ini dalam obat kimia berasal dari aspirin dan paracetamol.



Source :
http://www.tanobat.com/siantan-manfaat-tanaman-dan-ciri-cirinya.html


Siantan

---

Spesies:
Ixora stricta Roxb.

Nama Local:
Siantan

Nama Latin:
Ixora stricta Roxb.

Habitat:
Tropis

Distribusi:
Indonesia, Asia

Manfaat/Keunikan:
Menurut beberapa sumber rujukan disebutkan beberapa hal yang bisa disembuhkan dengan Siantan di antaranya adalah siklus haid tidak teratur hingga tidak datang haid, TBC, batuk sampai batuk darah, badan ngilu, luka memar, koreng, borok kulit dan hipertensi.


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph