EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Pohon Kepala Kucing /Rujak Polo

17 July 2017

Katalog Kategori: Tumbuhan

Penulis: Muhammad Nurihsan Akbar

Dibaca: 64 Kali

Deskripsi :
BATANG Batangnya menjalar dan beruas, rata-rata mencapai panjang 1,5 m, terdiri dari banyak cabang dengan daun kecil-kecil yang berpasangan. DAUN Berdaun majemuk genap, anak daun antara 6-12 lembar, daun bertolak belakang berisi 5-8 pasangan dedaunan bulat panjang sepanjang 1 cm dengan lebar 6 mm BUNGA Bunga soliter di ketiak daun (auxiliary) bergaris-tengah ± 1 inchi. Mahkota bunganya berwarna kuning berbilangan 5, mekar pagi hari sampai jam 10 secara serentak, tumbuh dari putik pendek dan kapsul melingkar keras dengan 3 sekam berisi benih. BUAH dan BIJI Buahnya persegi 5 dengan 5 kampuh yang pecah bila sudah tua. Dan setiap pecahannya menyerupai kepala banteng dengan duri seperti tanduk. Buah dari tumbuhan ini sangat keras dan berduri tajam.Bila sudah tua buahnya berwarna coklat muda, bulat, gepeng dan berdiameter 1 cm.

Tribulus merupakan tumbuhan tropis, tumbuh dan berkembang di dataran rendah sepanjang tahun (sepanjang musim) sebagai tanaman gulma atau tumbuhan liar yang tumbuh setinggi 10-50 cm, dengan , Tanaman ini mempunyai kemampuan untuk tumbuh pada tanah tandus, kering, berpasir, hingga berbatu, Tanaman yang berkembang biak melalui biji ini tumbuh menjalar. Tanaman ini banyak tumbuh di Cina dan Jepang. Di Indonesia terdapat 2 jenis tribulus, yakni Tribulus terrestris dan Tribulus citoides (keduanya telah dibudidayakan). Tribulus terrestris merupakan tumbuhan luar negeri yang dibawa ke Indonesia. Sedangkan Tribulus citoides merupakan tanaman asli Indonesia yang dapat ditemui pada dataran rendah kepulauan Bali hingga Nusa tenggara. Tanaman ini dapat berkembang bahkan di iklim gurun dan tanah yang memiliki kondisi kesuburan yang buruk. Tribulus terrestris merupakan tanaman herbal yang tumbuh sekali dalam setahun yaitu pada musim panas di daerah beriklim dingin. Lily M. Perry, melalui bukunya yang berjudul ‘Medicinal Plants of East and Southeast Asia‘, mengatakan tibulus dapat digunakan sebagai astringen, aprodisiaka, diuretika, tonika, serta hemostatika. Di Eropa, Tanaman ini telah digunakan sebagai herbal stimulan untuk meningkatkan libido (kemampuan seksual) pria dan wanita sejak berabad-abad lampau. Selain itu, tanaman ini juga digunakan dalam pengobatan hati, ginjal, serta penyakit saluran pencernaan.

Source :
http://www.tanobat.com/tribulus-terrestris-ciri-ciri-tanaman-serta-khasiat-dan-manfaatnya.html


Pohon Kepala Kucing /Rujak Polo

---

Spesies:
Tribulus terrestris L.

Nama Local:
Pohon Kepala Kucing /Rujak Polo

Nama Latin:
Tribulus terrestris L.

Habitat:
Tropis

Distribusi:
Indonesia, Asia, Eropa

Manfaat/Keunikan:
Tanaman tribulus sangat terkenal sebagai obat pria dewasa yaitu : Sebagai obat impotensi. Ambil 1 tanaman yang telah berbunga ± 50 gram, tumbuk halus dan tuangi air panas. Biarkan 1 jam lalu ambil supernatannya 1 gelas, tambahkan juga madu 1 sendok makan lalu diminum. Sebagai obat perkasa. Ambil 11 butir buahnya, tumbuk sampai halus. Tambahkan susu hangat 1 gelas, saring, lalu minum.


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2017 All Right Reserved. Design by Paragraph