EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Es Kutub Seluas Dua Kali Indonesia Menghilang

26 December 2017 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 175 Kali

Es Kutub Seluas Dua Kali Indonesia Menghilang

Perubahan kehidupan beruang kutub menjadi gambaran bagaimana perubahan iklim, kenaikan panas bumi telah mempengaruhi berbagai kehidupan. Awal bulan Desember ini seorang fotografer alam liar, Paul Nicklen mengambil gambar beruang kutub yang kurus kering akibat kelaparan sedang berjalan tertatih mencoba menemukan makanan.

Makanan utama beruang kutub adalah anjing laut, tetapi karena tidak adanya tutupan es tidak ada anjing laut yang bisa dimakan. Kondisi ini memaksa beruang kutub untuk mencari makan di daratan, berjalan lebih jauh ke area yang lebih luas. Sayangnya seringkali mereka tidak menemukan makanan, hingga mati kelaparan.

Beruang malang yang ditemukan Paul Nicklen tinggal di Pulau Baffin, Kanada. Sebuah pulau yang terletak di sekitar Samudera Arktik. Hingga kini total seluruh es yang menghilang dari kutub adalah seluas 3,76juta km2, sekitar dua kali luas wilayah Indonesia. Tahun ini lima pulau di Pasifik juga telah tenggelam. Perubahan iklim nyata dan masih berlangsung. Minimal mari kita melakukan reduce, reuse, recycle untuk mengurangi polusi dan mengefisienkan penggunaan sumber daya.

Sumber : http://nationalgeographic.co.id/berita/2017/12/video-memilukan-beruang-kutub-kelaparan-di-daratan-tanpa-es-bukti-nyata-perubahan-iklim https://www.theguardian.com/environment/2013/aug/06/starved-polar-bear-record-sea-ice-melt
https://www.pitara.com/wordpress/wp-content/uploads/2013/12/earth-140_1.jpg


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph